Cari Blog Ini

Rabu, 09 November 2011

KENANGA serta manfaatnya

KENANGA (canagium odoratum)
Kenanga (canagnium odoratum) adalah tumbuhan obat berbatang besar sampai diameter 10-70 cm dengan usia puluhan tahun.tananman obat kenanga mempunyai batang yang getas (mudah patah) pada waktu mudanya.
tanaman herbal ini bisa mencapai tinggi 5-20 meter,bunga kenanga akan muncul biasanya pada batang pohon atau ranting bagian atas pohon,bunganya memiliki spesifi yang unik biasanya terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta di lengkapi 3 lembar daun berwarna hijau.
Manfaat bunga kenanga antara lain :
mengobati sesak nafas
caranya : ambil 1/2 genggam bunga kenanga,1,5 sendok gula putih,rebus dengan 1 gelas air bersih hingga mendidih sampai kira-kira air tinggal 1/2 gelas,saring,minum secara rutin pagi sore.
malaria dan asma
caranya : ambil 3 kuntum bunga kenanga yang sudah di keringkan,seduh dengan 1 gelas air panas,tutup rapat,saring,minum secara teratur.
Bronkitis
caranya : ambil 2 kuntum bunga kenanga,rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih sampai kira-kira tinggal 1/2 gelas,saring,minum,lakukan rutin pagi-sore.
Jamu sehat setelah melahirkan
caranya : ambil bunga kenanga yang masih muda,kayu rapet,pegatih,kunci pepet,kunyit,jongrahab,jalawe,dan jakeling,tumbuk halus semua bahan / di pipis,seduh dengan air panas,sarting dan minum setelah dingin.


sumber : tanamanobatalamiah.blogspot.com

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar