Cari Blog Ini

Minggu, 06 November 2011

daun kemangi serta manfaatnya

Daun kemangi yang biasa kita gunakan sebagai lalapan atau campuran dalam pepes favorit keluarga ternyata membawa khasiat yang besar bagi kesehatan kita.

Kemangi adalah tumbuhan herbal berbatang pendek yang tumbuh di berbagai belahan dunia. Di Italia, kemangi disebut genovese, sedangkan di Thailand dan India dikenal sebagai holy basil atau tulsi. Beberapa penelitian sudah membuktikan khasiat daun kemangi dalam menurunkan kadar stres seseorang. Kemangi dapat meningkatkan produksi hormon adrenalin dan noradrenalin, plus menurunkan kadar serotin yang dapat memicu stres.
Beberapa penelitian mempercayai daun kemangi sebagai obat anti stres yang mujarab. Vitamin C dan antioksidan yang ada dalam kemangi, bekerja untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan meminimalisasi stres yang dapat ditimbulkan oleh oksidan. Kemangi dapat meregangkan urat, menurunkan tekanan darah dan peradangan sehingga stres bisa diturunkan. Untuk terhindar dari stress, kita bisa mengunyah 12 daun kemangi 2 kali sehari.
Khasiat Lain
Selain sebagai pereda stres, daun kemangi juga dapat menurunkan kadar gula dalam darah. “Biji kemangi (selasih) banyak digunakan sebagai campuran minuman penyegar. Kalau direndam lalu diminum tanpa pemanis, maka bisa menurunkan kadar gula darah. Namun, kandungan minyak atsiri pada daunnya harus diwaspadai karena dapat mengganggu hormon, “saran Dr.(Naturophaty)Ir. Donny Hosea,MBA,PhD.
Sementara bagi para perempuan, kemangi termasuk makanan sehat yang sangat bermanfaat. Kemangi kaya senyawa anetol dan boron yang merangsang hormon estrogen. Sedangkan senyawa eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi), tannin, dan sengnya mengurangi sekresi cairan vagina. Zat triptofan bisa menunda monopause.
Cara menikmati
Untuk meredakan stres, nikmati 1-2 cangkir teh dari daun kemangi. Rendam 10-15 helai daun kemangi dalam air mendidih selama kurang lebih 5 menit, saring lalu sajikan. Atau untuk lebih praktis, kita bisa membelinya teh kemangi di swalayan organik.(Astrid Anastasia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar